Minggu, 24 April 2011

Cara ngubah font Nokia Symbian (S60 v3) “tanpa hack”



Beberapa hari pasca tragedi hapeku yang matot (mati total), aku ngerasa trauma sama yang namanya ‘aplikasi pengubah huruf’, apa pun itu. Bener deh, sumpah!
Tapi begitu tahu gimana cara format manual (nge-format sendiri maksudnye), rasa penasaranku mulai muncul kembali, (kada jara-jara jer urang banjar tuu). Hahhayy…    :D
Belum puas, kucari info lagi dan lagi. Ku ketik keyword “ngubah font symbian tanpa hack” di pencarian Google. Hasilnya kutemukan artikel yang mengklaim bisa ngubah font tanpa hack. Caranya agak ribet, tapi kucoba. Setelah kuikuti dengan teliti tetep nggak berhasil. Yang berubah cuman angka jam di screen saver dan angka pada calculator. Aku pun kecewa gara-gara nggak berhasil, padahal waktu itu aku lagi bosen-bosennya sama font ‘Nokia Sans’.
Suatu ketika aku browsing ngalor-ngidul di dunia maya, iseng-iseng kucari semua aplikasi yang memuat kata “font”. Setelah ngacak-acak, aku nemu satu aplikasi yang namanya Font Zoomer Lite. Kata “Lite” ini nunjukin bahwa aplikasi ini hanyalah aplikasi icip-icip. Maksudnya, si pembuat aplikasi hanya menyertakan sedikit fitur di dalamnya. Fitur keseluruhannya bisa kita dapetin kalo kita membeli aplikasi “Full Version” dari yang nyiptain. (yaa bayar dunk…)
Dari namanya aja pasti temen-temen udah tau fungsinya. Kata ‘zoom’ berarti memperbesar. Berarti aplikasi ini berfungsi untuk memperbesar font (huruf). Sedangkan yang aku cari adalah yang fungsinya mengubah jenis font. Sebenernya sih kurang tertarik, tapi iseng-iseng ku coba aja. Dan nggak disangka-sangka font berhasil berubah (dengan sedikit modifikasi dari trik yang udah ku dapet).
Check this out !!!   ^_^

Persiapan :
1.      Hape Nokia ber-OS Symbian 3rd edition (S60 v3).
2.      PC / computer / laptop / notebook.
3.      Kabel data (kalo nggak ada bisa diganti sama Card Reader).
4.      Usahakan baterai hape lagi nggak “low batt”.
5.      Gunakan modus/profil ‘offline’ supaya ntar nggak ganggu proses instalasi.
6.      Selalu install/pasang aplikasi ke memori eksternal (microSD).


Sekarang kita mulai step by step !
1.      Pertama, copot memori eksternal/micro SD dari hape lalu masukin ke slot card reader. Hubungkan card reader ke PC/laptop , (kalau temen langsung menghubungkan hape ke laptop pake kabel data, pilih modus “transfer data”).
2.      Coba temen cari folder bernama “resource” yang biasanya ada di memori eksternal. Kalo nggak ada, temen kudu bikin sendiri folder baru. Lalu rename ‘new folder’ itu menjadi ‘resource’. Nah, di dalem folder ini temen bikin ‘new folder’ lagi, lalu rename menjadi ‘fonts’. Selesai, diamkan dulu.
3.      Sekarang cari jenis font yang temen inginkan dengan cara: klik ‘start’ - lalu ‘control panel’ - lalu cari dan klik ‘Fonts’. Pilih font yang temen suka, lalu seret font itu ke folder ‘fonts’ yang temen bikin tadi. (Sebagai contoh, aku pake font jenis “comic sans”).
4.      Kalo udah, lalu temen copy lagi font yang tadi menjadi empat bagian. Kemudian rename salah satunya menjadi S60ZDIGI.TTF
5.      Ubah yang lainnya masing-masing menjadi S60SNR.TTF ,  S60SSB.TTF ,  dan  S60TSB.TTF 
6.      Nah, yang paling penting download aplikasi Font Zoomer Lite melalui PC (mau diwarnet juga boleh).
7.      Letakkan aplikasi Font Zoomer ke memori card dan pasang kembali ke hape. Lalu install.
8.      Setelah selesai install. Buka Font Zoomer di folder aplikasi. Arahkan panel “font size” kesebelah kiri sampai muncul notifikasi “To costumize font freely, with…bla…bla…bla…” lau tekan ‘back’. Tekan ‘pilihan’ atau ‘option’ lalu ‘apply’.
Akan muncul notifikasi “Do you want to apply changes (phone restart is required) ?”, tekan ‘yes’ lalu keluar aplikasi.
9.      Restart hape (matikan lalu tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali).
10.  Selesai! Lihat perubahan! 

Sebelum & Sesudah            












1 komentar:

  1. disana di tulis

    aku ngerasa trauma sama yang namanya ‘aplikasi pengubah huruf’

    tapi fontzoomer itu kan 'aplikasi pengubah huruf'
    yang nulis oon apa bego

    BalasHapus