Kamis, 26 Mei 2011

Nokia pake Windows, Symbian bakal dihentikan ?


Seru banget pas ngebaca tabloid PULSA kemaren. Soalnya liputannya cukup ngagetin. Kali ini aku sukses terkejut dibuatnya. Katanya Nokia yang identik banget dengan OS Symbian bakal memakai OS baru! Dan itu adalah Windows Phone 7 (WP7). Ini liputannya :


Langkah Nokia menggandeng Microsoft akan menjadi cikal bakal meletusnya peperangan di sektor operating system (OS) mobile. Seperti diketahui, OS Android saat ini terlihat semakin mengkilap. Sebaliknya, popularitas Windows Mobile dan Symbian justru tengah merosot.
Diakui atau tidak, sepak terjang Android besutan Google di pasar smartphone membuat para pesaingnya ketar-ketir. Buktinya, dua perusahaan besar dalam industri teknologi informasi sampai harus saling rangkul demi menghadang dominasinya.
Sekedar catatan, sejak awal dikembangkan, sistem operasi terbuka Android sudah sempat membuat Nokia cemas. Demi mengantisipasi ancaman itu, Nokia terpaksa membeli Symbian dan menciptakan Symbian Foundation pada pertengahan 2008. Symbian yang bersifat tertutup pun akhirnya mengalami transisi menjadi system operasi terbuka/open source. Padahal, kala itu Symbian tergolong populer dan masih mendominasi pasar dengan 50 persen market share (dikutip dari perusahaan riset IDC dan Canalys). Tapi, vendor asal Finlandia tersebut seprti mencium gelagat buruk bahwa Android bakal menjadi ‘rival’ serius dalam industri OS mobile.
Symbian Foundation awalnya dihuni oleh beberapa vendor papan atas seperti Nokia, Sony Ericsson, LG, Samsung, Motorola. Sebagian operator besar seperti NTT Docomo, Vodafone, AT&T sampai produsen chip juga ambil bagian di dalamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, satu-persatu pendukung Symbian pun berguguran. Dalam hitungan tahun, vendor seperti Sony Ericsson dan Samsung menyatakan berhenti mendukung Symbian. Belakangan, keduanya malah fokus pada system operasi Android yang tengah laris. Tengok saja Samsung yang rajin meluncurkan Galaxy Series-nya.
Sampai akhirnya, tersisa Nokia sebagai satu-satunya produsen ponsel papan atas yang masih mengandalkan Symbian. Vendor ini terpaksa memegang kendali penuh. Mulai april 2011, Nokia akan mengelola Symbian sementara Symbian Foundation berubah fungsi menjadi badan yang mengurus perizinan atau lisensi software.
Dua tahun berselang, sejak Nokia mengakuisisi Symbian, beredar laporan dramatis dari perusahaan riset Canalys bahwa Android berhasil menggulingkannya sebagai penguasa system operasi perangkat bergerak. Menurut Canalys, pada kuartal keempat tahun 2010, Android berhasil melampaui Symbian dalam hal penjualan smartphone di seluruh dunia. Pencapaian Android ini seolah menjadi pertanda bahwa pertama kalinya dalam kurun waktu sepuluh tahun Symbian berhasil digulingkan.

Selain membentuk Symbian Foundation, Nokia sempat mengumumkan dan memasarkan Nokia N900. Lewat perangkat ini, Nokia mencoba mengembangkan system operasi Maemo 5. Sayangnya, proyek tersebut seperti terhenti ditengah jalan dan tak jelas kelanjutannya. Tapi di ajang Nokia Connections 2010, vendor ini menegaskan bahwa Maemo akan tetap ada. Pernyataan itu seolah dilakukan untuk  menghilangakan kekuatiran para pengguna ataupun pengembang dari komunitas Maemo. Tapi, di ajang itu pula Maemo seperti di-anak-tiri-kan. Pasalnya, Nokia malah menegaskan bahwa tiga system operasi mobile masa depan yang bakal digunakan untuk jajaran ponsel mereka S40, Symbian^3 dan MeeGo. S40 bakal diposisikan untuk ponsel mass market seperti C3. Sementara Symbian^3 dan MeeGo dipercaya untuk ponsel pintar kelas menengah dan perangkat internet mobile Nokia.
Khusus MeeGo, Nokia menggandeng Intel dalam pengembangannya. Keduanya sepakat untuk menggabungkan proyek Linux mereka yaitu Maemo dan Moblin. Nokia sempat merilis ponsel pertama berbasis MeeGo tahun ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Stephen Elop, CEO Nokia yang menargetkan 2011 sebagai tahun awal platform MeeGo.
Sebelumnya, Nokia pun dilaporkan tengah bersiap-siap merilis ponsel cerdas bernama N9, yang bakal mengusung OS MeeGo. Dalam bocoran yang beredar  di internet, Nokia N9 diyakini memiliki keyboard QWERTY sliding dan memiliki prosesor Intel Atom 1,2 GHz. Namun, menurut informasi dari salah satu petinggi Nokia di Indonesia, platform MeeGo sepertinya hanya akan dirilis untuk developer saja. Artinya, end user alias para konsumen pasar smartphone tak bakal bisa menikmati platform ini. Bahkan seperti yang dikutip dari Reuters, ada bocoran bahwa Nokia menghentikan pengembangan Nokia N9 sebelum sempat diluncurkan.  Informasi ini berasal dari dua sumber yang dekat dengan Nokia. Sayangnya, juru bicara Nokia sendiri menolak untuk berkomentar tentang masalah ini.

                Dan di sela-sela rumor seputar MeeGo dan Nokia N9, Nokia malah menjalin aliansi dengan Microsoft. Sebuah keputusan yang cukup menghentak public. Stephen Elop, presiden dan CEO Nokia mengumumkan pihaknya memilih Windows Phone 7 (WP7) sebagai OS masa depan yang akan digunakan Nokia. Awalnya, Elop harus membuat pilihan yang cukup sulit. Ada tiga pilihan di depan dewan direksi Nokia. Yaitu, lanjutkan dengan MeeGo, bertaruh dengan menggunakan Android, atau memulai dengan WP7. Pada akhirnya Elop memilih mulai dengan WP7. Ia menganggap WP7 menciptakan dinamika yang sangat berbeda dan menjadi sebuah tantangan. Ia menganggap hal itu sebagai perlombaan tiga kuda. Intinya, dengan bantuan Nokia, WP7 akan menjadi pemain yang sama kuat seperti Android Google dan iOS Apple.
Bagaimana nasib Symbian ?
Akankah dihentikan ? Ternyata tidak. Nokia akan membuat membuat investasi jangka pendek yang signifikan, baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak yang berjalan dengan system operasi Symbian. Elop juga membahas secara singkat masa depan platform MeeGo. Nokia siap untuk mendorong perangkat MeeGo pertama tahun ini agar masih akan dapat menggunakan Qt untuk mengembangkan aplikasi baik untuk Symbian dan MeeGo.

Poin seputar aliansi Nokia-Microsoft :
·         Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Nokia ditawari ratusan juta dolar AS dalam bantuan teknis dan dukungan pemasaran. Anggaran pemasaran Microsoft dapat membantu Nokia membuka pasar baru.
·         Reuters melaporkan bakal ada ribuan PHK yang terjadi di Nokia.
·         Microsoft mendapat partner strategis dalam mendistribusikan WP7 dan bisa memperbaiki brand image di sektor OS mobile.
·         Nokia diberi kekuasaan melakukan modifikasi WP7, sementara vendor lain tidak bisa.
·         Beberapa teknologi Nokia harus ada di WP7 (fitur Navigasi dan Maps).
·         Microsoft hanya berkontribusi dalam software WP7, Bing, Xbox Live, serta software Office.
·         Symbian dan MeeGo masih dipertahankan meski posisinya sebagai pelengkap.

(Source: tabloid PULSA edisi 203)

2 komentar:

  1. wahhhhh...........
    abang Ady punya blog keren eih............
    good job bro......

    BalasHapus
  2. Baru belajar, sob..
    klo mau info unik dari saia , silakan di follow aja blog siaa..
    :)

    BalasHapus