Selasa, 21 Juni 2011

Info : Google Tawarkan Android, Nokia Menolak




Setelah berbagi aplikasi, saatnya berbagi info!  :D

Pihak Google mengatakan bahwa mereka sebenarnya telah menawarkan Android untuk dipakaikan di smartphone baru Nokia. Tapi kenyataannya: Nokia secara resmi telah mengatakan akan melakukan kerjasama dengan Microsoft. Bukan hanya Bing yang akan dipakai Nokia di smartphone terbaru mereka, tapi kerjasama itu merupakan merger/penggabungan virtual yang dilakukan secara menyeluruh.

Inti dari kerjasama dua raksasa teknologi itu adalah :
-          Menggunakan Windows Phone sebagai OS utama di smartphone Nokia
-          Menggunakan MeeGo sebagai back-burner
-          Ovi Store akan digabung dengan Microsoft Market Place
-          Bing akan ada disemua layanan smartphone Nokia
-          Sebaliknya, Nokia akan menyediakan mapping data untuk Bing

Sebuah pertanyaan terlontar; 
"mengapa Nokia tidak melakukan kerjasama dengan Google saja ? Bukankah Android Google saat ini telah naik daun dan “diperkirakan” akan merajai OS smartphone dan tablet PC di masa datang ? "



CEO Nokia, Stephen Elop menjawab;
“kami telah mempelajari kemungkinan kerjasama dengan Google. Jika kami bekerjasama dengan Google, kami akan mengalami kesulitan dan perbedaan dalam ekosistem Google. Di lain sisi, Microsoft menegaskan bahwa mereka menawarkan kesempatan pada Nokia untuk membangun dan berjuang dalam menciptakan sebuah sejarah ekosistem baru”

Sejumlah pihak (juga saya, hehe..) , bahkan pegawai Nokia sendiri menyesalkan keputusan Nokia itu. Umumnya mereka tahu bahwa Android yang dikembangkan dari Linux itu memiliki background yang sama dengan Nokia yaitu “sama-sama dilahirkan di Finlandia”. Selain itu, booming Android terkesan lebih menjanjikan dibanding Microsoft. Dalam hal ini, pihak Google mengatakan bahwa sebenarnya telah menawarkan OS Android untuk dipakaikan di ponsel-ponsel baru Nokia. Tapi nyatanya, Nokia telah memilih Microsoft. 


Fakta dibalik kerjasama Nokia-Microsoft

Eh, tahu nggak ?
Dibalik kerjasama antara Nokia dan Microsoft , ada sebuah fakta yang patut kita ketahui. Sekaligus menguak alasan Elop yang sebenarnya, mengapa tidak bekerjasama dengan Google saja untuk membuat Nokia Android ?  Bukankah Android adalah pendatang baru yang kecanggihannya tak bisa dianggap remeh ?
Ternyata, CEO Nokia saat ini, Stephen Elop, adalah seorang veteran dari Microsoft. Ia dulunya adalah seorang kepala Business Division Microsoft. jadi nggak heran kalau akhirnya Nokia lebih memilih Microsoft dibanding Google. 

(Nah lhooo, CEO Nokia, Stephen Elop, itu kayaknya egois deh. Dia lebih memilih Windows Phone 7 (WP7) itu mungkin karena pernah bekerja di Microsoft. Padahal banyak pihak yang lebih menyukai Android dari Google daripada WP7-nya Microsoft. Tapi siapa tahu Elop memang benar-benar ingin membuat gebrakan baru dengan memilih WP7 ?)

(adapted from Kompas and Gopego)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar