Selasa, 02 Agustus 2011

Atasi Junk File dengan NetQin M Guard



Apa itu Junk File ? (kalo makanan sih ada juga yang dinamakan “junk food” alias makanan enak tapi tak mengandung banyak nutrisi). Hihi.. apa hubungannya ? Udah ah, jangan ngomong soal makanan, laper neeehhh…!    ;(
Junk File adalah file-file tak berguna yang menguras kapasitas ruang pada direktori / memory ponsel, dan mempengaruhi efisiensi kinerja (kecepatan kinerja) sebuah handphone dalam mengeksekusi suatu perintah (biasanya ponsel akan lambat saat harus masuk menu, membuka suatu folder atau pada saat menjalankan suatu aplikasi. Proses reboot / restart,  ataupun shutdown pun akan terasa lambat (bisa jadi gagal ‘boot'), lebih menguras daya baterai. Karena proses yang melambat, otomatis akan membuat system harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyelesaikan “tugas” nya.
Junk file biasanya berupa file-file yang sementara (temporary file) yang dihasilkan saat proses instalasi, eksekusi, ataupun proses uninstall/removing suatu aplikasi, begitu juga setelah browsing, biasanya berupa cookie. Nah, kebanyakan orang keliru menghapus aplikasi dengan menggunakan metode ‘uninstall’ yang justru akan lebih banyak meninggalkan file-file sampah.

Cara paling baik menghilangkan Junk File adalah dengan menggunakan aplikasi. Sudah 2 tahun belakangan ini aku memasang aplikasi bernama M Guard dari Netqin di hape ku. Sangat berguna untuk menghapus junk file yang ‘kasat mata’ di ponsel kita. Tak hanya itu, M Guard juga punya banyak fitur lain, seperti File Manager, App manager, OS scan, dll. 



Asyiknya, kita juga bisa memanfaatkan fitur “File Manager” untuk keperluan transfer data yang lebih optimal. Biasanya akan ada notifikasi : “Tidak dapat mengirim, objek dilindungi” jika kita menggunakan file manajer bawaan ponsel, saat ingin berbagi file (aplikasi, game, atau tema) melalui Bluetooth. Tapi dengan File Manager di M Guard kita bisa! Bukan hanya bisa mengirim file, kita juga bisa menerima file yang dikirim melalui Bluetooth dan “langsung memindahkannya” ke folder yang diinginkan. (wuih, ajiibb…)
Silakan di download                      

M Guard v3.0

Atau kalo mau langsung ke official site-nya silakan visit NetQin official site.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar